Cacar Air – Cacar Api

Seperti lagunya NAIF (Air dan Api), ternyata cacarpun juga ada cacar AIR dan cacar API. Aku mengambil judul tersebut dkarenakan pengalaman pribadi bersama teman ngrantau yang tinggal satu atap.
Awalnya temenku terkena cacar air yang cukup akut. Dia demam hampir satu minggu dan tiap malam ngigau (dikarenakan panas). Dikarenakan penanganan telat maka hampir penuh bintik cacar tumbuh di kulitnya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kata dokter polibun : jika dah lebih dari 72jam, maka pengobatan dah gak berfungsi, diberi vitamin saja. Ditunggu sampai keluar semua, nanti demamnya berangsur membaik.
Temenku itu hampir dua minggu fisik na membaik dan cacarnya mengering. Tapi….. Perlu di WASPADAI ternyata pada fase tersebut adalah fase efektif penularan cacar. Banyak orang yang malah berfikir bahwa penderita dah sembuh. Sebagai informasi penularan virus ini dapat disebabkan kontak fisik, cairan pecacahan cacar, dan media udara. Tapi itu semua tergantung kondisi tubuh seseorang.
Ternyata Aku tertular juga disaat temenku sudah mau sembuh (15052011). Tapi Aku terkena cacar api, padahal temenku terkena cacar air. Itu yang masih jadi tanda tanya besar.
Disini akan aku paparkan sedikit mengenai cacar. Berdasarkan pengetahuan / pengalaman seorang awam.
Gejala Cacar:
– pernafasan sesak.
– tulang dan persendian pegel, khususnya dibagian punggung.
– dibagian perut n tulang rusuk nyeri.
– demam.
– pusing.
Perbedaan cacar air dan cacar api:
1. Cacar air: bintiknya berwarna merah gelap, kecil tapi banyak.
2. Cacar api: bintiknya tranparan jika dah mateng maka warnanya akan berubah kekuning-kuningan mirip kesulut rokok. Biasanya lebih sedikit.
Obat yang diberikan dokter:
– Inclovir Valacyclovir 500mg.
– Gel Centabio.
– Estin.
Cukup sekian.
Jika ada yang tau lebih tentang cacar, mari kita berdiskusi.
Terima Kasih.

12 thoughts on “Cacar Air – Cacar Api

  1. mank g enak ya kena cacar.. q dlu waktu sekitar umur 4 tahun kurang pernah kena cacar n sekarang setelah belasan tahun kena lagi.. awalnya karna ada kakak yg kena kemudian dia sembuh eh istri n anaknya kena… setelah mereka semua sembuh baru q yg kena.. mungkin ini efek q sering bantu jagain anaknya n kondisiq jg waktu itu sering masuk angin efek tidur kemalaman..
    kami biasa menggunakan acyclovir sih yg merk danovir Alhamdulillah dalam waktu 2-3 hari yg kecil2 sudah mulai kering ^^

  2. Waduh…saya sekarang lagi kena,n gejalanya sama spt yg anda tulis,punggung rasanya udah mau patah aja,n perut nyeri aku pikir penyakit maag sy kambuh.gak taunya cacar…hiks,
    ini udah di obati acyclovir crem,sama yg tablet…mudah2 bisa cepet sembuh dah…gatal.
    ini semua awalnya aku merawat kedua anakku yg kena cacar air,secara bergantian,aku pikir waktu kecil aku sdh pernah kena,jadi kemungkinan kena lagi kecil.karena beberapa hari lalu kondisi badan lagi gak fit,akhirnya kena juga.hewww…..

  3. Yupz.. obat cacar biasanya diakhiri kata clovir, yang berfungsi untuk menghambat penyebaran virus..
    Semoga lekas sembuh dan tidak berbekas..
    *biasanya klo cuma ketularan gak sebanyak atau separah yang pertama sakit cacar..

    Rutin dikasih salepnya..

  4. loh ? aku pake inclovir kok tambah banyak ?! acyclovir yang mana ya. ni aku kena cacar -_________-

  5. Pagi mas,
    saya skrg dah 4 hari timbul bintik d skujur tubuh mirip cacar air, tapi bnyaknya bintik tidak sebnyak saya lihat pd pndrita cacar. Nyerinya rusuk, perut m pinggang. Saya bingung apa pnykit kulit sndiri apa nyerinya jg pnyakit sndiri. Apa memang brhubungan?

  6. telat banget bales e..
    *lama g buka blog..

    sebenernya sama..cuma beda merk produksi aj..
    *kebetulan kmrn yg aku pake itu..

  7. nyeri di badan, aku dulu juga merasakan..
    mungkin itu imbas dari panas suhu tubuh..

    *maaf telat bales e..

Leave a Reply

