Tugas Modul 1 Animasi Komputer

Semester ini aku mengambil mata kuliah Animasi Komputer dan dua minggu yang lalu mendapat tugas untuk menyelesaikan pertanyaan di modul 1 Animasi Komputer yang diberikan oleh Dosen.

Soal modul 1 sebagai berikut :

1. Ubah warna dasar window menjadi putih dan Ubah warna objek menjadi hitam.

2. Tentukan posisi sudut kiri atas window 100X100.

3. Buat objek menjadi segi lima dan segi enam.

4. Ubah ukuran window menjadi 800X600 dan buat empat buah objek dalam satu window masing-masing segi tiga, segi empat, segi lima, dan segi enam, dengan warna berbeda-beda.

5. Penjelasan Fungsi glOrtho.

Kisi-kisi jawaban :

1. Untuk mengubah warna objek dan warna dasar window telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

2. Untuk menentukan posisi sudut kiri atas window dengan syntax : glutInitWindowPosition (X, Y);

3. Objek segi enam (hanya fungsi display saja):

void display(void)

{

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glBegin(GL_POLYGON);

glColor3f(1.0,1.0,0.0);

glVertex2f(0.2,0.4);

glVertex2f(0.4,0.2);

glVertex2f(0.4,-0.2);

glVertex2f(0.2,-0.4);

glVertex2f(-0.2,-0.4);

glVertex2f(-0.4,-0.2);

glVertex2f(-0.4,0.2);

glVertex2f(-0.2,0.4);

glEnd();

glFlush();

}

4. Untuk membuat beberapa objek dalam satu window yaitu dengan cara membuat objek-objek tersebut dalam satu fungsi display dan setiap objek selalu di awali dengan glBegin dan di akhiri dengan glEnd. Jadi dalam satu fungsi display terdapat beberapa glBegin dan glEnd. Sedikit souce buat refrensi mengerjakan tugas, dalam satu window ada bebarpa objek. Aku kasih syntax lengkap biar bisa dipelajari.

#include<GL/glut.h>

void display(void)

{

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glBegin(GL_POLYGON);

glColor3f(0.70,0.77,0.9);

glVertex2f(1.0,1.0);

glVertex2f(1.0,-0.3);

glVertex2f(-1.0,-.3);

glVertex2f(-1.0,1.0);

glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);

glColor3f(1.0,0.0,0.0);

glVertex2f(0.0,-0.2);

glVertex2f(-0.3,0.0);

glVertex2f(0.0,0.5);

glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);

glColor3f(1.0,0.0,1.0);

glVertex2f(0.6,-0.2);

glVertex2f(0.4,-0.5);

glVertex2f(-0.4,-0.5);

glVertex2f(-0.6,-0.2);

glEnd();

glFlush();

}

int main(int argc, char **argv)

{

glutInit(&argc, argv);

glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);

glutInitWindowSize(250,250);

glutCreateWindow(“Project by wyasha”);

glClearColor(0.0, 0.0, 1.0, 0.0);

glutDisplayFunc(display);

glutMainLoop();

return 0;

}

5. Penjelasan fungsi Ortho adalah fungsi untuk mengatur proyeksi yang bertipe ortho dan mendifinisikan besarnya sistem koordinat, dengan urutan kiri-kanan-bawah-atas-belakang-depan.

Demikian tugas modul 1 Animasi Komputer, sedikit yang bisa aku share. Moga bisa bermanfaat buat teman-teman.

Untuk modul 2 aku belum selesai semua, masih perlu konsultasi dengan Dosennya.

.Terima Kasih.

* Untuk mempermudah dalam membuat objek mending menggunakan kertas milimeter blok atau square book (bahasa inggrisnya : ‘kertas kotak-kotak’)

6 thoughts on “Tugas Modul 1 Animasi Komputer

  1. amiin..(thanks do’a-nya)
    maaf ak g donk enkripsi..silahkan berguru ke mbah google aj..tuh gurunya para guru.. 😀

  2. OH anikom nya blajar openGL ya? gmn dgn pndalaman objek 3D nya (misal transformasi objek 3D , matrik 3D gitu2), belajar interpolasi, animasi interpolasi jg gag? thx. share ya

  3. Iy dulu anikom belajar tentang membuat objek 3D dengan openGL..
    *yah yang saya paham [doeloe] sekedar tentang tugas itu..

    *sekarang dah lupa*

  4. makasi ya buat share programnya…
    berguna banget…
    n_n
    dapet tugas juga, tapi mata kul Grafika komp…masi dasar2nya c… 2D
    lum sampe 3D

Leave a comment